Search + histats

Sunday 1 May 2016

“ UNDYING ” the GazettE Lyrics [Indonesian Translation, Kanji, Romaji]



Lyrics : RUKI
Arranger : the GazettE /RUKI
Single : UNDYING
Year : 2016




Sleep…Count me down…Again
—tidur... menghitungku mundur.... lagi

I won't arise from this
—aku tak akan bangun dari ini

黒き理念 残された唯一 
Kuroki rinen nokosareta yuiitsu
—gagasan hitam adalah satu-satunya yang ditinggalkan

禍いと廻る未来
Wazawai to mawaru mirai
—masa depan yang berputar bersama kemalangan

不透明な事実指し
Futoumei na jijitsu sashi
—penobatan untuk kebenaran yang buram

何を信じ 何願う
Nani wo shinji? nan negau?
—apa yang ku percaya? Berharap apakah aku?

この空を埋め尽くす不祥の影
Kono sora wo umetsukusu fushou no kage
—bayangan yang tak dikenal memenuhi langit ini

永遠に羽を広げて輪を描く
Eien ni hane wo hirogete wa wo egaku
—dalam keabadian, membentangkan sayap, menggambarkan bulatan roda

7 6 5 4 3 2 1

「ズレる思想」「報いと離別」
「Zureru shisou」「Mukui to ribetsu」
—[pemikiran yang tergelincir] [penghargaan dan pemisahan]

「絞首台」「願いと未来」
「Koushudai」「Negai to mirai」
—[Tiang gantungan] [harapan dan masa depan]

「禁句の圧力」「潰れた夢」
「Kinku no atsuryoku」「Tsubureta yume」
—[ke-tertekan-an akan kata-kata tabu] [mimpi yang hancur]

「背信」
「Haishin」
—[pengkhianatan]

I deny all of it...
—ku sangkal semua itu...

黒に塗れ 死と踊り 
Kuro ni nure shi to odori
—diwarnai oleh hitam, tarian dan  kematian

さぁ終われ
saa... oware
—ayolah... akhiri!

[Count me down…]
—[menghitungku mundur]

[Sleep…Count me down]
—[tidur... menghitungku mundur]

[Count me down…Again]
—[Menghitungku mundur... lagi]

何も聞こえ無いように叫んだ
Nani mo kikoenai you ni sakenda
—supaya tak bisa mendengar apapun, aku berteriak

俺は変われたか?
Ore wa kawareta ka?
—sudah bisakah aku berubah?

今も翳る空に何を見た?
Ima mo kageru sora ni nani wo mita?
—sekarang pun, apa yang terlihat di langit berbayang ini?

心が潰れたまま
Kokoro ga tsubureta mama
—hatiku tetap hancur

今更 沸き出す真は闇へ葬られた
Imasara wakidasu shin wa yami e houmurareta
—kebenaran yang mulai bergejolak saat ini, dikubur ke kegelapan

暴虎馮河
Boukohyouga
—keberanian yang teramat tolol

煩悩に塗れ這う
Bon'nou ni mamire hau
—lumurilah oleh hasrat duniawi! aku merangkak

嘯く眼は邪の成れの果て
Usobuku me wa ja no nare no hate
—mata yang melebih-lebihkan adalah sisa bayangan kejahatan belaka

神すら化かし嘲笑う
Kami sura bakashi azawarau
—bahkan Tuhan mentertawakan kebodohanku

永遠を描く空がただ悲しく
Eien wo egaku sora ga tada kanashiku
—langit menggambarkan keabadian yang hanyalah kesedihan

Life, don't change my fate
—hidup, jangan ubah takdirku!

God, entomb my hate
—Tuhan, kubur rasa benciku!

言霊と消えて行く心が
Kotodama to kieteiku kokoro ga
—hati semakin padam bersama kekuatan kata-kata

終わりを見ても
Owari wo mite mo
—meski melihat akhir

許されぬ願いに夢を見た
Yurusarenu negai ni yume wo mita
—dalam keinginan yang tak diperbolehkan, aku bermimpi

この眼は今もまだ
Kono me wa ima mo mada...
—mata ini sekarangpun masih...

流転する罪の底で溺れてる
Ruten suru tsumi no soko de oboreteru
—tenggelam di dasar dosa yang terus berubah-ubah





***************
*UNDYING — Tak akan mati. Kekal/Abadi.

Pertama liat PV-nya entah kenapa saia pengen nangis ... (´ー`)
Suara Ruki.... (╥_╥) saia benci!! MAKIN TUA MAKIN MINTA DICINTA!!! Padahal sudah seharusnya saia move on inihh!! Ke daun-daun muda yang bertebaran di sana *plak* tapi suaranya itu maaaaakkkkk! DX *stop!*

Undying hmm... ini menegaskan bahwa mereka tak akan mati (musiknya maksudnya! mereka tak akan tenggelam meski banyak band-band baru bermunculan xD ??)
Lagu ini merangkum semua (・∀・)... hasil akhir dari keputusan mereka (ibaratnya) ... jika project darkage adalah semacam meeting maka ini adalah hasil diskusinya ayayay xD

Tidur menghitungku mundur lagi.... (tapi) aku tak akan bangun dari ini,” —kita contohkan jika "tidur" di sini adalah masalah dan masalah yang membuat kita terpuruk dan semakin terpuruk sampai ke keadaan terburuk, dengan bangun dari tidur itu berarti kita melarikan diri dari masalah-masalah itu kan? Tapi di situ Ruki bilang ia tak akan bangun dari itu, berarti ia tak akan melarikan diri dan terus menghadapinya meskipun itu berarti ia harus mati (eaaa ini mah saia yang lebe), tapi judulnya kan Undying jadi Ruki percaya diri ia tak akan mati wkwkwk Ini perumpamaan yang saia tangkap sih^^" entah itu tentang masalah-masalah di industri musik atau yang lain. Kalau di industri musik.... hmm... mereka tak akan tenggelam/menyerah meski banyak tekanan dari sana sini. Atau Ruki bicara tentang dirinya sendiri yang tak ingin menyerah baik itu pada tekanan-tekanan yang menyerang the GazettE dan masalah diluar industri musik mungkin.

dalam keabadian, membentangkan sayap, menggambarkan bulatan roda.”— dalam keadaan saat ini dan mungkin seterusnya, mereka berjaya (membentangkan sayapnya) namun hidup ini seperti roda yang berputar, saat ini mungkin mereka berjaya tapi tidak tahu nanti.  Tapi di sisi lain saia juga merasa kalau, mereka berjaya tapi mereka merasa begitu-begitu saja, sayap yang mereka bentangkan (kejayaan mereka) hanya membuat mereka seakan berputar-putar di situ saja, apa ya? mungkin.. . Bosan? XDa

Supaya tak mendengar apapun aku berteriak.” — Ruki anggap bahwa ini itu ini itu dari manajer/para atasan atau bahkan mungkin fans itu sebagai suara berisik, jadi agar tidak mendengar keberisikan itu Ruki berteriak (mungkin maksud Ruki bernyanyi, meneriakan lirik-liriknya, dengan begitu ia bisa melupakan sejenak tentang semua tekanan itu)

Sudah bisakah aku berubah?” — Sampai kapan mereka seperti ini?

kebenaran yang mulai bergejolak saat ini, dikubur ke kegelapan.”— saat Ruki dan semua member merasa bisa jujur dan melakukan semua sekeinginan mereka, dalam arti memberontak, ternyata mereka harus kembali mengurungkan itu. Mereka belum benar-benar bisa.

keberanian yang teramat tolol.”
lumurilah oleh hasrat duniawi! Aku merangkak.”
dan karena itu Ruki merasa jengkel pada dirinya sendiri, ia merasa menjadi pengecut. Karena hasrat duniawi (apa itu? uang! ketenaran? dll) ia rela diperbudak (merangkak) oleh mereka-mereka.

mata yang melebih-lebihkan hanyalah sisa bayangan kejahatan belaka.”— kita sebagai fans mengagung-agungkan mereka, mengagung-agungkan apa yang mungkin sebenarnya bahkan mereka tidak nyaman dengan keadaan mereka dan apa yang mereka lakukan bukanlah keinginan mereka. Rasa kagum kita hanyalah bayangan/efek dari pengkhianatan mereka pada keinginan mereka sendiri. Mereka sebut itu kejahatan mereka, karena tidak jujur pada diri sendiri.

Langit menggambarkan keabadian yang hanya kesedihan.” — Kalau mereka terus begini, meski abadi (mereka terkenal, selalu terkenal dan menjadi band terbesar sekalipun, menjadi band sepanjang masa) mereka tidak begitu menikmatinya.

Tuhan kubur rasa benciku.”— (ಥ_ಥ) saia suka ini!
Ruki pasti merasa terusik, terganggu, dan tak nyaman dengan semua tekanan yang ada, ia benci! Tapi sebenarnya ia juga tak ingin begitu.

Hati semakin padam bersama kekuatan kata-kata.”—kekuatan kata-kata (言霊/Kotodama) di sini adalah semacam kata mantra, kata-kata yang bisa membuat seseorang melakukan apapun. Semacam hipnotis, dimana seseorang akan melakukan apapun yang diperintahkan orang yang punya Kotodama. Tapi itu mungkin metafora, bahkan hiperbola xDa saia pikir Ruki bicara tentang para petinggi di perusahaannya yang menyuruh mereka harus begini begitu begini begitu dan mau tak mau mereka harus menurut dan selalu menurut seperti dihipnotis. Dan itu membuat hati mereka, keinginan-keinginan mereka meredup sedikit demi sedikit.

Meski melihat akhir.”— meski mereka tahu akan bagaimana akhirnya jika mereka terus menuruti para petinggi itu. Atau menuruti fans juga mungkin?

Dalam keinginan yang tak diperbolehkan, aku bermimpi.”— Ruki punya banyak harapan dan gambaran dalam keinginan-keinginannya yang tak tersalurkan, dalam keadaan mereka saat ini, sebagai band besar, tentu banyak batasan untuk apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan.

mata ini sekarangpun masih... tenggelam di dasar dosa yang terus berubah-ubah.”— dengan terus menuruti keinginan-keinginan mereka-mereka ,Ruki merasa ia tenggelam dalam kesalahan.

Tentang PV... ada bagian yang si anak ceweknya dibekap kan? Itu saia pikir penggambaran bahwa pendapat/keinginan mereka seakan diperlakukan seperti itu xDa dan si anak cewek yang berbaju putih adalah the GazettE yang jujur/ mereka yang sebenarnya, mereka yang jujur dengan keinginan mereka sendiri, namun pada akhirnya si anak cewek berubah menjadi berbaju hitam (mereka tidak jujur pada diri mereka sendiri) dan ada cuplikan(?) dimana para member the GazettE hancur menjadi debu, kalau mereka terus begitu sedikit demi sedikit diri mereka yang sebenarnya akan lenyap, dan mereka juga tak menyukai keadaan mereka yang sekarang ini karena itu diakhir si anak cewek berlutut sedih. TAPI the GazettE tidak akan mati, katanya xD diterpa apapun!! MEREKA akan terus bertahan hoho ~~

Hueeeee akhir-akhir ini saia sangat kudet bin kudeeeett detdetdet! (Saia sedang berusaha bergelut dengan nasib, eaaa xD) Jadi saia sama sekali gak tahu ini tentang apa, kalo ada yang tahu beritahu saia! Mungkin udah ada yang baca interview tentang Undying? (╥_╥)

Tapi kepala saia tak ingin berpikir ke lain hal, saia merasa ini masih tetap curhatan Ruki tentang band/keadaan mereka/dirinya sendiri. Ini Feeling! Bisa meleset! jangan dimasukan ke hati dulu wkek xD saia mah sotoy-sotoyan aja sih. Hiks.... gomen. Nanti saia edit lagi kalau udah ada pencerahan(?) xD




Kanji : Utaten.com
Romaji+Indonesian translation : by me ! (RuKira Matsunori)


http://gazerukira.blogspot.com

3 comments:

  1. saya ambil lirik dan terjemahnya ya wat dibikn sub dimari http://wappanes.blogspot.com/2016/05/pv-gazette-undyng-sub-terjemah-indonesia.html

    ReplyDelete
  2. Kira-san ga daisukiiiiiiiiii!!!!!!!!
    Aku suka translate-an nya~
    Umm.. Etoo.. Tapi yang spesial itu basa-basi Kira-san yang gajelas //loh// dibawah itu lho~!
    Jadi itu kayak semacam bonus buat we biar nggak bego bego amat XD
    Sankyu ne~ XD

    ReplyDelete
  3. Jaman guren pernah sebentar kepoin mereka terus tenggelem melanglang buana/? Dan baru 2016 kemaren bener-bener mengikuti the GazettE lagi. Bebener jadi fans bayi lagi, masim minim tau soal mereka. Semakin lama entah kenapa musik mereka semakin nempel pas di kupingku dan suara Ruki semakin dahsyat :') meskipun banyak band vk baru, ttep gazeto yg paling masuk ke selera musikku (selain Versailles mungkin, ini jg band tua :'v)
    Makasih pembahasannya soal Undying ^^ Lagu ini lagu gazeto favoritku nomer satu sepanjang masa xD Semoga mereka terus menelurkan karya yg indah dan menginspirasi.

    Best regards,
    fangirl alaynya the GazettE ^^)v

    ReplyDelete