Search + histats

Monday, 16 November 2009

new album deluhi *yggdalive*

DELUHI - ユグドアライヴ -Yggdalive Pictures, Images and Photos

new album deluhi >_<

Category: Music
Genre: Hard Rock & Metal
Artist: DELUHI
Yup, tanggal 04 November 2009 kemarin DELUHI hadir menemui kita dengan rilisan terbarunya, sebuah mini album yang diberi judul Yggdalive. Ada yang tau arti dari kata "Yggdalive" ini? Menyimak keseluruhan lagu yang ada di dalam mini album ini, entah bagaimana dengan kalian, yang pasti mini album ini menjadikan rilisan-rilisan DELUHI sebelumnya, yaitu Two Hurt dan FLASH:B[L]ACK, terlihat seperti ayam pesakitan. HELL YEAH! Mini album ini mampu memberikan suatu klimaks tersendiri bagi penggemar setia DELUHI. Hampir semua lagu yang ada di dalamnya memainkan musik yang kencang maupun aggressive. Buat kalian yang menyukai musik kencang seperti ini, sudah barang tentu mini album ini layak diberikan apresiasi yang lebih.

Sekilas profile dari DELUHI. Band yang baru terbentuk sejak bulan Januari 2008 lalu ini di dalamnya berisikan empat orang personil. Mereka adalah Juri sebagai vokalis, Leda pada posisi gitar, Aggy memegang alat bass dan terakhir adalah Sujk yang tentu saja menggawangi posisi drum. Gitaris yang bernama Leda di atas tidak lain dan tidak bukan adalah si Yu-to, sang eks bassist dari band aliran power metal, Galneryus. Yup, di dalam band DELUHI ini, Yu-to mengganti namanya menjadi Leda. Tidak lagi bermain bass, melainkan gitar. Warna musik yang dimainkan oleh DELUHI ini kalo aku bilang sih perpaduan antara melodic rock dan metal. Memang cadas, namun DELUHI menetralisirnya dengan melodi-melodi yang menawan.

Langsung saja kita mulai track pembuka mini album, yaitu Overture -Yggdalive- [01:43]. Hanya sebuah SE track. Tapi aku menyukainya. Dengan nuansa sedikit suram dengan alunan vokal ala gospel opera, menjadikan lagu ini sedikit anggun dengan dibumbui nuansa gothic, maybe? Sepertinya track ini cocok buat dijadikan nada panggil handphone. Tertarik?

Track berikutnya, G.A.L.D [04:23]. Sebuah intro yang sangat menarik! Memainkan riff gitar yang menggebu-gebu, dibalut dengan wild-driving-bass. Dengan permainan musik ala heavy-metal, vokal Juri langsung memasuki bagian versenya dengan apik. Apalagi kali ini sebagian besar isi liriknya menggunakan bahasa Inggris. Sayang, aku kurang suka dengan bagian bridge-nya yang tiba-tiba terasa melempem plus vokal Juri yang di-synthesizer gitu. Tapi tidak apa, setidaknya lagu ini ini menawarkan satu inti, yaitu aggressive! Solo gitar dari Leda tetap menawan. Tapi untuk kali ini, kurang berkesan ahh. Leda masih bisa bermain lebih bagus daripada ini!

Selesai G.A.L.D, diteruskan dengan Revolver Blast [03:12]. Sekali lagi, aliran heavy-metal dan power-metal terasa banget pada bagian intro-nya. Namun untuk verse-nya, DELUHI menawarkan permainan trash-riff-guitar-nya yang terasa menghentak di sepanjang durasi. Chorus-nya sama sekali tidak bisa aku nikmati. Terlampau standar. Namun untung saja bagian interlude-nya sedikit bisa mengobati kekecewaan.

Flow Snow [04:31], tampil dengan riff-berat gitar yang lebih nge-groove dan mampu memancing adrenalin pendengar untuk beraksi lebih jauh lagi. Intro-nya yahud! Riff-riff nge-trash bisa dilihat juga pada verse-verse lagu sambil ditemani oleh harsh-growl-vocal yang ditawarkan Juri. Agak timpang sih aksi harsh-vocal-nya. But it's okay. Yang penting mampu memberikan suasana yang keras atau cadas. Untuk chorusnya, Juri-pun beraksi dengan melodic-chorusnya. Not bad! Momen menarik di lagu ini yang bisa membuat kepala kalian berhead-banging sudah barang tentu bisa disimak pada bagian interlude-nya.

Kita sambut lagu berikutnya, Wake Up! [02:57]. Inilah uniknya Visual-kei. Musiknya kadang terasa metal, tapi selalu dibumbui dengan alunan-alunan musik lainnya yang catchy. Intro-nya, sangat khas dengan genre groovy-metal ala band Amerika Serikat, PANTERA. Verse-nya terasa nge-pop, terus bagian chorusnya identik dengan chorus-chorus ala lagu hip-hop maupun boysband. Haha. Sayang settingan distorsi gitar Leda kurang terasa garang. Tapi secara overall, lagu ini lah yang menjadi lagu favoriteku!

Next song is Hello [03:46]. Great intro and solo-guitar performance there! Sering banget aku menyimak melodi-melodi seperti ini. Cuma aku lupa untuk menyebutkannya. Terasa nge-pop dan catchy. Cikal bakal musik DELUHI seandainya mereka menjadi band mainstream/mayor? Chorusnya terdengar lucu, apalagi saat menyebut kata "Hello". Tapi, aku justi menyukainya. Dan closingnya-pun oke banget. Manis.

Folllow the Future [04:34], mungkin lagu ini bisa melambangkan sisi cadas dari band DELUHI itu sendiri. Permainan gitar Leda oke banget di sini. Sesekali memainkan picking tremolo-nya. Jika menyimak intro-nya, sang drummer Lejk tampil "menggila" dengan ketukan-ketukan liarnya, double pedal, dll. Nah, baru lah di sini bisa disaksikan bagaimana growl maupun scream dari Juri yang sebenarnya! Chorusnya, aku suka banget! Lagu ini juga layak untuk dijadikan favorite.

Syllable -Yggdrising- [00:50], sebuah SE penutup. Tidak semenarik layaknya Overture -Yggdalive- di atas tadi. Just skip it!

Dan lagu berjudul Hoshi no Nai Yoruni [05:06] menjadi lagu terakhir sekaligus lagu penutup mini album ini. Setelah dihajar dengan enam buah lagu yang kencang, aggressive, kali ini DELUHI mengajak pendengarnya untuk sedikit lebih rileks, santai dan bercooling-down ria. Lagunya sedikit ballad plus easy-listening dengan permainan gitar yang ringan, namun justru melodi-nya terasa nge-jazz. Tidak bisa aku katakan lebih rinci lagi kecuali lagu ini terdengar cukup sempurna! Well done, DELUHI!

No more comment from me. This mini-album is recommended to you!

Tambahan:
DELUHI's official site: http://www.deluhi.com
DELUHI's official MySpace: http://myspace.com/deluhi
DOWNLOAD: THERE



source: multiply
spawn`s sanctuary

2 comments:

  1. cieh...cieh... yg rajn cri infoh^_^
    yg smangt yeh buh

    ReplyDelete